Monday, December 26, 2011

Pembelajaran Anak Usia Dini, Tema : Lingkunganku

Pembelajaran Anak Usia Dini, Tema : Lingkunganku (belum diedit)
Oleh: Farida Ilmiasari 

Ummahat  gmana dngan pembelajaran 3 pekan kemarin bertema “DIRI SENDIRI”, ada kendala  dan apakah dilakukan evaluasi? Ummahat  yang mengevaluasi sendiri putra  putrinya ya. Postingan yg ana tulis lalu dan insyaAllah ada kelanjutannya bisa dipakai sebagai acuan mendidik n membelajari  ananda tugas n jadwal demikian jg dengan mata pelajarannya, kalau di usia PAUD  disebut aspek pengembangan. Ana dh mulai merintis utk ummht yg d wilayah yogya,  Hai ummht yogya smngat HS ya!
4 Pekan kedepan bertema “LINGKUNGANKU’”
Tema “LINGKUNGANKU” mencakup segala sesuatu tentang:
  1. Anggota keluarga (Ayah, Ibu, kakak, adik, kakek, nenek, paman bibi)
  2. Fungsi/ tugas tiap anggota keluarga(misalnya ayah mencari nafkah, Ibu mendidik anak)
  3. Kebiasaan-kebiasaan dalam keluarga; misalnya, ibu memasak, saya menyapu lantai, mengikuti majelis taklim bersama, rihlah dsb)
  4. Tata tertib dalam keluarga, misalnya membaca doa sebelum n sesudah kegiatan apa saja, ijin dahulu ketika hendak meminjam barang, pergi, membuang sampah pada tempatnya, dsb.
  5. Binatang peliharaan keluarga( disesuaikan dengan yg ada dirumah anak)
  6. Kegunaan rumah misalnya untuk berteduh, tempat tinggal, tempat istirahat, tempat kumpul keluarga
  7. Macam rumah dilihat dr bahan pembuatannya( batu bata, bambu, ijuk, kayu)
  8. Jenis-jenis rumah: Rumah tinggal, kantor, istana, tempat ibadah, rumah adat( rumah joglo,  gadang, rumah panggung), tempat berobat( puskesmas, rmah sakit , poliklinik, praktek dokter),rumah untuk binatang (kandang, sarang), Tempat jual beli(toko, kios, warung, rumah makan, depot)
  9. Bagian-bagian dalam rumah: pintu, jendela ,atap, ruang tamu, kamar2, dapur, kebun garasi,
  10. Alat-alat perkakas dalam rumah(kursi, meja, tempat tidur, kasur,dsb)
  11. Lingkungan rumah ( halaman, kolam ,tetangga)
  12. Untuk yg HS bisa mencakup ruangan , perkakas yg digunakan untuk kegiatan HS misalnya alat tulis, alat peraga edukatif, alat permainan indoor n outdoor.
Dari sini bisa dikembangkan / dimasukkan ke aspek- aspek perkembangan yang meliputi:
  1. Aspek Pengembangan Pembiasaan Pembentukan Perilaku (Aqidah, Akhlak, Fiqih /Ibadah, Tarikh/siroh, sosial,emosional n kemandirian)
  2. Aspek Pengembangan Kemampuan Dasar ( Berbahasa, Kognitif, Fisik n Motorik,Seni.
Jadi dalam pembelajaran selama 4 pekan kedepan mengacu pada tema Lingkungan  ini, jadwal tetap seperti yg ana contohkan d postingan sebelumnya. Pembelajaran Hafalan Juz’ Amma, dan Hadits Arba’in  sesuai dengan kemampuan anak, bila dh hafal bisa ditambah, untuk laporan hasil evaluasi jgn lupa dicatat sampai dimana anak  menghafal.
Materi Aqidah , bila anak sudah hafal penyebutan kalimat-kalimat  Thayyibah ,dtambahkan pula artinya, tentang rukun iman  materi yg ana posting sebelumnya itu berlaku untuk satu semester, bisa dsampaikan ke anak dengan metode cerita, Tanya jawab.
Materi Akhlak n Adab-adab termasuk hafalan doa untuk tema LINGKUNGAN:
  1. Akhlak terhadap orang tua;
Akhlak terpuji, misalnya berkata lembut, bersegera memenuhi panggilan,menyenangkan orangtua.
               Akhlak tercela, misalnya memaki, membentak, cemberut,membuat sedih,memukul, menendang
               Mendahului orang tua dalam berjalan, ketika duduk dan mengambil makanan.
               Doa untuk kedua orang tua: (QS. Al-Israa’;24) Tolong buka  n cari di mushaf ya
  1. Akhlak terhadap saudara:
Akhlak terpuji, misalnya saling membantu, saling menyayangi, hormat kpd yg lebih tua, sayang kepada yang lebih muda. Akhlak tercela misalnya, saling mengejek, saling berebut, saling menghina.
  1. Adab bila dirumah dan keluar rumah:
    1. Minta ijin bila masuk kamar orangtua pada 3 waktu tertentu(sebelum shubuh, setelah Zhuhur dan setelah Isya’
    2. Membersihkan rumah
    3. Menutup Aurat ketika keluar rumah

  1. Doa masuk rumah:
-          Membaca basmallah (HR. Muslim no 2108)
-          Mengucapkan salam (QS. An-Nuur: 27)
  1. Doa keluar rumah:
Tolong di buka di buku Hishnul Muslim (HR> Abu Dawud 4/325)
  1. Adab masuk masjid:
-Lafazh doa masuk masjid (shahih Abu Dawud no466 dan 465
-Menghindari perbuatan yang dilarang di dalam masjid, misalnya membuat gaduh, berjualan didalam masjid.
       G.    Akhlak terhadap diri sendiri dalam belajar:
              - Akhlak terpuji:  ikhlas dalam belajar, cinta ilmu, giat belajar, mengamalkan ilmu
              - Akhlak tercela:  takabur, ujub,hasad
        H. Akhlak terhadap Guru :
                 -Akhlak terpuji, misalnya; memperhatikan pelajaran yang disampaikan guru, menghormati                                  
Guru,
                 -Akhlak tercela, misalnya; mencela guru, memukul guru, membentak guru
           I. Akhlak terhadap teman:
              - Akhlak terpuji: menolong
              - Akhlak tercela: menyakiti teman , mau menang sendiri, suka meminta-minta, mengolok-olok
Materi adab dan akhlak ini disampaikan selama 4 pekan, agar anak bisa hafal doa-doa yg ada n faham adabnya jangan lupa setiap kesempatan melakukan amalan  perbuatan anak dipantau untuk mempraktekan yg sudah diajarkan.
Materi Fiqh Ibadah; selain pembelajaran sholat, karena ini bulan ramadhan-syawal bisa dikenalkan dengan puasa dan tentang sholat ied.
Untuk materi  Bidang Kemampuan Dasar : Berbahasa, Kognitif, Fisik dan motorik, Seni insyaAllah  ana dokumenkan menyusul. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment