Monday, December 26, 2011

Pembelajaran Anak Usia Dini

PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI (Unedited)
Oleh: Farida Ilmiasari

Ummahat di sini akan ana sampaikan panduan pembelajaran anak usia dini mulai usia 3-5 th .
Sebelumnya agar efektif buatlah jadwal nya, usahakan anak disiplin dengan waktu belajar walaupun kita sendiri yang buat jadwal, contoh t4 ana seperti ini:
Waktu senin selasa Rabu kamis sabtu Keterangan
08-09 H H H H H
09-9.30 I I I I i
9.30-10. aq si fq aq si
10-10.30 K B Se K B
1030-11 E E E E E
Keterangan:
H : Meliputi hafalan juz Amma, hafalan hadits arba’in, hafalan doa
I : istirahat, bisa diisi dengan latihan membaca iqra/tamhid dan latin, pake buku anak islam suka membaca jilid 1-5 untuk latihan baca latin, iqra/ tamhid jilid 1-5 untuk latihan baca alqur’an.
Aq : pelajaran aqidah
Si : pelajaran siroh n tarikh
Fq : pelajaran fiqh
K : Kognitif meliputi ; mengenali benda sekitar menurut jenis ukuran,bentuk, konsep sains sederhana, bilangan, bentuk geometri, memecahkan masalah sederhana, konsep waktu, dan berhitung sederhana,.
B : Berbahasa, bisa kosa kata arab n inggris, n kemampuan berbahasa mengenal bunyi suara, memahami kata n kalimat sederhana, keaksaraan
Se : Seni dan kreativitas
E : evaluasi/ penutup bisa ditambah latihan gerakan dan bacaan shalat
Untuk kolom keterangan diisi apabila ada pembelajaran yg tidak/belum terlaksana bisa dilakukan di waktu berikutnya. Buat jg laporan perkembangan anak tiap ahir pekan pembelajaran, untuk latihan iqra dan baca latin buat kartu prestasi, ada keterangan lancar (L) dan ulang (U) ini tiap hari dicatat. Memang ini seperti sekolah Cuma tempatnya dirumah sendiri, semuanya agar tersistem n bisa berjalan dengan baik insyaAllah
Ummahat pembelajaran anak usia dini terdiri dari 2 aspek pengembangan ( bahasa sederhananya hal-hal yang diajarkan ke anak balita, kalo waktu kita SD dulu semacam mata pelajaran) yaitu:
Aspek Pengembangan Pembiasaan Pembentukan Perilaku.
  1. Pembiasaan merupakan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus dalam kehidupan sehari hari anak sehingga menjadi kebiasaan yang baik, merupakan pengembangan moral dan nilainilai agama islam.
  2. Disini ditanamkan pula pendidikan karakter yang tentunya kita merujuk pada karakter2 pribadi muslim yang kuat dengan meniru dan mencontoh karakter Rasulullah shalallahu alaihiwassalam.
  3. Pengembangan sosial emosional dan kemandirian juga dikembangkan dan diajarkan agar anak dapat mengendalikan emosi secara wajar , dpt berinteraksi dgan sesama dan orang dewasa dengan baik dan dapat menolong diri sendiri dalam rangka kecakapan hidup.
Materi yang diajarkan yaitu:
  1. Aqidah,
  2. Akhlak, disini pengajarannya ketika hafalan doa, karena terdapat pembelajaran adab atau tata cara jadi akhlak diajarkan disini.
  3. Fiqh ibadah
  4. Sosial, emosional dan kemandirian
Aspek Pengembangan Kemampuan Dasar.
Materi yang dikembangkan dan dikerjakan yaitu:
  1. Kognitif
  2. Berbahasa
  3. Fisik dan motorik
  4. Seni
Setelah memahami tentang materi –materi apa yg hrs dikembangkan dan diajarkan dalam pembelajaran anak usia dini, sekarang kita menerapkan sesuai dengan waktu dan tema, disini kita harus tahu tentang waktu dan tema agar yang diajarkan terarah dan tersistem. Tema –Tema yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini (AUD) , dan alokasi waktu terdiri dari:
Semester Tema Alokasi/perkiraan waktu
I 1. Tema Diri Sendiri 3 minggu
2. Tema Lingkunganku 4 minggu
3. Tema Kebutuhanku 4 minggu
4. Tema Binatang 3 minggu
5. Tema Tanaman 3 minggu
II 6. Tema Rekreasi 4 minggu
7. Tema Pekerjaan 3 minggu
8. Tema Air, Udara, Api 2 minggu
9. Tema Alat Komunikasi 2 minggu
10. Tema Tanah Airku 3 minggu
11. Tema Alam Semesta 3 minggu
Setelah kita tahu tema-tema tadi, marilah kita mulai pembelajaran AUD ini mulai dengan tema awal Diri Sendiri dengan Alokasi Waktu 3 minggu , mulai hari ini misalnya senin 1 Agustus 2011, dengan jadwal harian yang ana contohkan diatas, bagi yg mau ikutan kalo terlambat alokasi waktu bisa disesuaikan ya,
Untuk mulai pembelajaran diawali dengan salam doa buka majlis, doa sebelum belajar, doa/dzikir pagi hari, anak2 diberitahu adab menuntut ilmu, ketika ummu atw guru berbicara anak dibiasakan untuk harus diam n mendengarkan , jangan mulai ketika masih ada anak yg bicara n senda gurau, tanamkan agar anak menghormati ummu/ guru yg sedang menyampaikan dan berbicara, ummahat kan sering dengan pembiasaan insyaAllah anak bisa, ini dah termasuk ke pembelajaran akhlak lo, jangan terpukau dengan metode AUD barat yang mengajarkan anak itu belajar sambil bermain, jd ketika ummu menya mpaikan ilmu anak gojek , lari ssana sini, atau senda gurau, gak bisa itu, ajarkan ketika ilmu disampaikan anak mnyimak mendengarkan, tidak berisik, walau hanya sebentar, ana dah praktek ke anak2 ana, masalah pembiasaan butuh waktu lama, jgan keburu wah gak bisa, mengajar anak harus sabar n melatih kesabaran kita. Jangan pernah menganggap kalo anak gak mau kalo ummi yg ngajari, pasti mau karena sesungguhnya balita gak bisa lepas dr ummu, tinggal cara penyampaian kita ke anak, ketika melihat anak mulai jenuh n gak kkonsentrasi( setiap 3 menit kurang lebihnya) ya break dulu isi dengan cerita n main sebentar ( ini baru masuk ke main sambil belajar, jangan campur aduk), batasi sebentar jgn meluas
UNtuk Hafalan juz amma dimulai dr surat2 pendek dulu, setelah dia terbiasa menghafal, bisa ditambah dengan surat yang panjang dr arah belakang juz amma, untuk hafalan hadits arbain dimulai hadits tentang niat, matannya belum dulu, nanti lo usia 6 th, tp lo anak mampu diajarkan sekalian jg bisa, hafalan doa pake hishnul muslim , untuk tema Diri Sendiri Hafalan doanya yg diajarkan pertama yaitu
  1. Adab mengucap salam, menjawab salam, doa /dzikir pg/petang hari, doa mau belajar, doa penutup majlis, adab n doa sebelum dan sesudah tidur, adab n doa bersin. Semua ini biasanya langsung dipraktekkan dalam kehidupan sehari2.
Untuk adab n doa sebelum sesudah makan, masuk wc, nanti pembelajarannya difokuskan pada tema kebutuhanku 2 bulan lagi ini secara ketemaan, tp diajarkan ketika anak melakukan kegiatan tersebut secara langsung lebih bagus gak harus nunggu waktu ketemaan ya ummahat.

Untuk materi Aqidah, bisa dimulai dengan membiasakan mengucapkan kalimat thoyyibah, yaitu kalimat syahadah, basmalah, Ta’awudz, Tasbih,Tahmid, takbir, hamdalah, istighfar, InsyaAllah, Masya Allah, Istirja’, Tahlil secara bertahap , materi rukun iman, dan tentang islam adalah Agama yang benar dan diakui diterima disisi Allah Ta’ala.

No comments:

Post a Comment